4 Tempat Wisata Tersembunyi Menarik di Banyuwangi

Banyuwangi merupakan sebuah wilayah di provinsi Jawa Timur yang masih kental dengan budaya jawanya. Namun sebelumnya tak banyak orang yang berkunjung ke daerah tersebut dan hanya dijadikan persinggahan sementara sebelum menuju pulau Bali. Akan tetapi, Banyuwangi mulai dikenal sejak beberapa tempat wisata tersembunyi yang menarik disana dan mendapat sorotan dari para wisatawan domestik bahkan juga wisatawan asing.

Tempat Wisata yang Menjadi Hidden Paradise di Banyuwangi

Bila ditelusuri lebih dalam lagi, ada banyak sekali tempat wisata menarik di Banyuwangi yang sayang untuk dilewatkan begitu saja diantaranya:

1. Agrowisata Kalibendo

Bila Anda sangat suka menikmati teh dan juga kopi, maka cobalah sesekali untuk belajar membuat bahkan berkebun dengan menanam kopi, teh, cengkeh secara langsung dari petaninya. Perlu diketahui jika Banyuwangi adalah penghasil kopi Robusta nomor satu di Indonesia. Anda pun juga bisa mencicipi dan membudidayakan kopi luwak yang terkenal sebagai kopi termahal di dunia. Kalibendo ini berada di kaki gunung Ijen sehingga hawanya cukup sejuk dan Anda bisa berkeliling perkebunan dengan menggunakan sepeda sembari menikmati hawa sejuknya.

2. Kalibaru

Jika Anda rindu suasana alam yang rindang, hijau dan juga asri, maka wajib untuk berkunjung ke kalibaru. Bahkan bagi Anda yang menyukai kegiatan hiking maupun trekking jarak jauh, maka Kalibaru ini menjadi tempat yang cocok sebab dikelilingi oleh berbagai macam pegunungan mulai dari Gunung Raung, gunung Terong dan Gunung Gending. Lokasi ini berada di atas ketinggian 428 meter dari permukaan laut dan Anda bisa menikmati pemandangan indah disini. Terdapat juga sebuah terowongan peninggalan Belanda yang dinamakan Terowongan Kereta Api Merawan sehingga cocok bagi Anda yang ingin mengenal sejarah.

3. Taman Nasional Meru Betiri

Selain taman nasional Alas Purwo yang terkenal, Banyuwangi masih memiliki satu lagi taman nasional yang disebut Meru Betiri. Bahkan cagar alam ini disebut sebagai habitat terakhir dari Harimau Jawa. Di dalam hutannya, Anda bisa menemukan berbagai macam binatang seperti macan tutul, rusa, kucing hutan, kera hingga burung merak. Selain itu, masih ada juga beberapa pantai indah di wilayah Meru Betiri ini mulai dari pantai Sukamade dan Rajag Wesi yang merupakan lokasi dari  tempat penangkaran penyu. Nama dari Meru Betiri diambil dari nama gunung yang memang terdapat di tempat itu yaitu Gunung Meru dan Gunung Betiri.

4. Teluk Biru

Mungkin Anda sering mendengar mengenai teluk hijau, namun bagaimana dengan teluk biru? Jika pemandangan teluk hijau sangat indah, maka teluk biru memiliki keindahan dari bawah lautnya. Tempat ini merupakan lokasi snorkeling yang sangat disukai wisatawan karena mereka bisa melihat secara langsung keindahan terumbu karang yang masih dijaga kelestariannya. Anda juga bisa menyewa perahu sambil menikmati keindahan dunia bawah laut.

Ada lagi tempat wisata yang menarik di Banyuwangi? Selamat berpetualang ke Jawa Timur ;)