Yuk, Mengenal 7 Jenis Kopi Terbaik di Indonesia

Kopi, merupakan salah satu jenis minuman yang sudah dikenal di berbagai kalangan, baik kalangan menengah atas hingga menengah ke bawah. Perkembangan saat ini, banyak sekali di daerah perkotaan mendirikan berbagai macam jenis kedai kopi yang menawarkan beberapa jenis kopi tradisional maupun kopi jenis terbaru atau hasil olahan para bartendernya.

Ilustrasi biji kopi Indonesia (hairulaziz.web.id) Baca Juga:
 Menikmati Kopi Robusta ala Nusantara

Nah, bagi sahabat petualang yang memang hobinya ngopi, ada beberapa jenis kopi tradisional yang merupakan kopi terbaik di Indonesia. Kopi di Indonesia saat ini mempunyai peringkat ketiga paling besar di dunia dari segi produksinya. Hal ini dikarenakan letak geografisnya yang sangat cocok di fungsikan sebagai lahan perkebunan kopi dan sangat ideal bagi iklim mikro untuk pertumbuhan dan produksi kopi. Usut punya usut, setiap daerah di Indonesia ini memiliki kopi terbaik yang cita rasanya unik dan nikmat.

Penasaran kan jenis kopi-kopi apa aja yang termasuk kopi terbaik di Indonesia ini?

1. Kopi Jawa

Kopi Jawa Arabica Bromo Tengger (coffeetalk.id)
Salah satu kopi terbaik di Indonesia ini berasal dari daerah Jawa. Konon kopi jawa ini terkenal dengan kenikmatan dan aromanya yang khas. Penampilan dari kopi jawa atau biasa dikenal dengan nama lain java coffee ini adalah hitam pekat, berampas lembut, dan memiliki kekentalan yang kuat. Bagi mereka yang pencinta kopi hitam, wajib untuk mencicipi kopi jawa yang memang berkualitas tinggi.

2. Kopi Gayo

Memetik kopi dari perkebunan (baranewsaceh.co)
Kopi terbaik berikutnya adalah kopi yang berasal dari daerah Aceh. Kualitas kopi ini sudah tidak dipertanyakan lagi karena memang Kopi Gayo Aceh ini telah melalang-buana hingga tingkat internasional. Konon kualitas kopi ini dipengaruhi ketinggian tempat menanam tanaman kopinya, yaitu di dataran tinggi Gayo, Aceh. Rasa yang unik dari Kopi Gayo ini akan membuat penikmatnya jatuh cinta pada tegukan pertama.

3. Kopi Luwak

Ilustrasi Kopi Luwak (livetradingnews.com)
Siapa yang tidak mengenal Kopi Luwak yang sangat terkenal di dalam negeri maupun di luar negeri. Ternyata Kopi Luwak tersebut merupakan kopi terbaik yang berasal dari daerah Sumatera Selatan tepatnya di daerah Pagaralam. Kopi ini terbuat dari biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Rasa dari Kopi Luwak sendiri adalah sedikit manis dan memiliki after taste floral yang tahan lama di lidah.

4. Kopi Toraja

Seduhan Kopi Toraja (aqidshohih.wordpress.com)
Salah satu kopi arabika yang digemari baik masyarakat lokal maupun dunia adalah Kopi Toraja. Kenapa Kopi Toraja? Karena kopi ini memiliki cita rasa yang unik serta kaya akan rempah, dari aromanya saja sudah membuat penikmatnya merasakan kenikmatan yang tiada taranya. Jangan salah ya sahabat petualang, kalau kalian mengira rasa kopi ini pahit sekali, justru rasa pahit itu akan cepat hilang karena pada Kopi Toraja ini mengandung asam yang cukup rendah.

5. Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa (pengenngopi.com)
Kopi ini terkenal karena memiliki cita rasa yang abadi setelah dicicipi, jadi tak heran apabila beberapa penikmat kopi yang berasal dari luar negeri mengatakan Kopi Flores Bajawa ini merupakan kopi paling nikmat di antara kopi yang berasal dari Sumatera maupun Sulawesi. Kopi Flores Bajawa ini merupakan tanaman kopi organik yang dikelola secara langsung oleh petani di daerah Bajawa, jadi tak heran apabila kualitas yang dimiliki cukup tinggi. Keunikan rasa dari Kopi Flores Bajawa ini terletak pada rasa coklat, vanilla, dan karamel alami.

6. Kopi Kintamani

Kopi dari dataran tinggi pulau Bali (Instagram @kopikintamani)
Dari namanya saja pasti sahabat petualang sudah tahu, kopi terbaik yang satu ini berasal dari daerah Bali. Ya, memang benar sekali, Kopi Kintamani ini berasal dari Bali dan memiliki aroma dan rasa yang membuat siapa pun jatuh cinta setelah meminumnya. Kabar yang beredar bahwa Kopi Kintamani ini mampu mengalahkan rasa dari kopi yang dijual di Starbucks, dan keunggulan tersebut disinyalir dari faktor penanaman dan cara pengairannya yang lebih dikenal dengan istilah subak.

7. Kopi Wamena Papua

Memetik kopi wamena (news.yahoo.com)
Kopi terbaik yang terakhir ini berasal dari daerah paling timur Indonesia yakni Papua. Kopi Wamena ini terkenal memiliki cita rasa tembakau dan coklat yang kentara sekali. Tak heran apabila kopi ini merupakan kopi unggulan karena ditanam di ketinggian dengan suhu yang mendekati 15 derajat celcius.

Itu tadi beberapa kopi terbaik yang ada di Indonesia, sahabat petualang mau menambahkan kopi terbaik yang ada di Indonesia ini?