Cara Menghindari dan Melepaskan Gigitan Lintah/Pacet

Sebagai seorang petualang yang sering melakukan kegiatan di alam terbuka seperti kegiatan berkemah di hutan atau gunung, ada kalanya kita menemukan hewan kecil yang menggelikan ini. Ya, lintah/pacet. Hewan sejenis cacing yang banyak terdapat di hutan hujan tropis dan tempat yang lembab.

Cara Menghindari dan Melepaskan Gigitan Lintah/Pacet (elimparcial.com)
Sebenarnya hewan ini tidak berbahaya. Hanya saja bekas gigitannya menyebabkan gatal dan memungkinkan infeksi jika kita menggaruknya. Ingat jangan coba memaksa hewan ini melepas gigitannya dengan menariknya karena bisa merobek kulit dan mengakibatkan pendarahan. Bila sudah terjadi pendarahan akibat gigitan lintah, akan memerlukan proses pembekuan darah yang lebih lama dari biasanya. Lebih baik menunggu hewan ini mengisap sekenyangnya kemudian akan lepas dengan sendirinya. Untuk menghindari dan melepaskan gigitan lintah/pacet, simak tipsnya di bawah ini.

Baca Juga:
Perbedaan Lintah dan Pacet

Cara menghindari gigitan lintah/pacet:

  1. Pakai pakaian lengan panjang dan celana panjang.
  2. Masukan baju ke dalam celana.
  3. Selipkan celana ke dalam kaos kaki atau sepatu.
  4. Pakai kaos kaki yang tebal.
  5. Pakai gaiters (pelindung sepatu dan kaki).
  6. Terus berjalan atau jangan bersandar pada apapun di hutan tropis.

Cara melepaskan gigitan lintah/pacet:

  1. Air tembakau. Ini yang paling sering kita dengar. Memang sangat ampuh untuk melepaskan gigitan lintah/pacet. Hewan ini tidak suka dengan aroma tembakau. Campurkan tembakau dengan air, kocok lalu siramkan di tubuh hewan ini.
  2. Bedak gatal. Bahasa kerennya bedak zinctalk atau herocyn. Bisa untuk menghindari dan melepaskan gigitannya. Bedak ini cepat luntur jika terkena air atau keringat. Jadi jika untuk menghindari gigitan menggunakan bedak, harus sering-sering bedakan, kalau nggak bisa luntur.
  3. Lotion nyamuk. Selain untuk menjauhkan kita dari nyamuk, ternyata lotion ini bisa juga menjauhkan kita dari lintah/pacet.
  4. Air garam. Garam wajib dibawa saat berpetualang, biasanya kita sebar di sekeliling tenda perkemahan untuk mencegah hewan melata masuk ke tenda kita. Selain ditaburkan di gigitan lintah/pacet, bisa juga dicampur dengan air lalu disemprotkan ke tubuh hewan ini.
  5. Minyak kayu putih. Percikkan atau siram hewan ini dengan minyak kayu putih.
  6. Minyak tanah. Sama dengan minyak kayu putih, bisa juga untuk melepaskan gigitan hewan ini.
  7. Api atau puntung rokok. Menyulutkan api atau bara rokok bisa melepaskan gigitan lintah/pacet. Hewan ini memang suka hangat, tetapi kalau panas pasti tidak berkutik.

Beberapa ramuan yang disebutkan di atas juga bisa untuk menghindari gigitan lintah/pacet. Caranya pakai atau balurkan di bagian kulit yang terbuka, atau bisa juga gunakan pada pakaian yang kita gunakan.

Jadi, gunakan pakaian tertutup saat berpetualang karena lintah/pacet suka dengan hangat dan basah. Juga jangan lupa siapkan segala kemungkinan untuk menghindari gigitan lintah/pacet. Selamat berpetualang!