Indonesia Surganya Para Penyelam

Menyelam di terumbu karang dengan ikan tropis (shutterstock.com)
Sebagai negara kepulauan yang menempati sebagian besar wilayah Coral Triangle, Indonesia layak menjadi surganya para penyelam. Belum lagi biota laut yang menakjubkan.

Apa alasannya dan kenapa harus menyelam di Indonesia?

Sebagian besar wilayah Indonesia berada di Coral Triangle.

Coral Triangle adalah istilah geografis untuk pusat keragaman biota laut dunia yang terentang di Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste. Wilayah ini merupakan habitat dari sekitar 500 spesies terumbu karang, 3.000 spesies ikan, dan enam dari tujuh spesies penyu yang ada di dunia.

Banyak spot menyelam yang bagus.

Mungkin spot menyelam di negara tetangga lebih terjaga dan lebih terkenal, tetapi menyelam di Indonesia adalah surga dari keragaman biota laut. Banyak pantai-pantai indah dengan jarak pandang yang jauh.

Perairan Indonesia hangat.

Sebagai penyelam, aspek persiapan menyelam yang rumit adalah saat menggunakan wetsuit atau baju selam. Terlebih jika baju selam dalam keadaan kering, akan merepotkan karena bahan tidak fleksibel. Pakaian ini digunakan untuk melindungi tubuh dari kedinginan yang mungkin bisa menyebabkan hipotermia. Suhu perairan di Indonesia rata-rata 29 derajat celcius, sehingga memungkinkan untuk menggunakan rashguard yaitu sejenis T-shirt tipis berlengan panjang ataupun pendek dan berbahan lycra.

Operator yang ramah dan berpengalaman.

Memang untuk menyelam tidak bisa dilakukan sembarangan dengan alasan keselamatan. Tapi jangan khawatir, operator penyelam siap membantu dan tidak perlu mengangkat tabung dan peralatan selam sendiri. Bahkan alat scuba bisa meminta bantuan untuk dipasangkan operator.

Tidak habis-habis dieksplor.

Indonesia terdiri atas belasan ribu pulau dari ujung barat hingga ujung timur Nusantara. Beberapa penyelam di Indonesia maupun mereka yang datang untuk menyelam di Indonesia selalu memiliki opsi baru yang beragam.