Pengertian Hipotermia dan Penyebabnya

Pengertian Hipotermia dan Penyebabnya

Hipotermia adalah penyakit yang menghantui para aktivis atau para pendaki gunung bersalju. Sebenarnya apa hipotermia itu? dan apa penyebabnya?

Hipotermia adalah kondisi dimana tubuh merasa kedinginan dan tidak mampu mengembalikan suhu tubuh karena berada di tempat yang sangat dingin. Hal ini menyebabkan pembuluh darah mengerut dan memutus aliran darah yang menuju ke hidung, telinga, jari tangan dan jari kaki. Keadaan akan semakin memburuk jika pendaki tidak memperhatikan makanan sehingga tubuh tidak memperoleh energi untuk memanaskan suhu tubuh.

Baca Juga:
Kenali Tanda-Tanda dan Gejala Hipotermia
Cara Menangani Orang yang Terkena Hipotermia

Hipotermia terjadi jika suhu tubuh menurun di bawah 35°C atau 95°F. Pada umumnya suhu tubuh normal adalah 37°C atau 98,6°C. Ketika suhu tubuh menurun drastis, sistem saraf dan organ lain tidak dapat bekerja normal. Akhirnya menyebabkan kegagalan jantung, sistem pernafasan, dan meninggal.

Menggigil adalah tanda pertama tubuh mengalami hipotermia karena secara otomatis tubuh melawan suhu dingin dan berupaya untuk memanaskan kembali.

Hipotermia tidak selalu berhubungan dengan alam bebas. Hipotermia tidak selalu akibat dari paparan suhu luar sangat dingin. Penyebab paling umum dari hipotermia adalah paparan kondisi cuaca dingin atau air dingin. Tapi kontak yang terlalu lama terhadap lingkungan lebih dingin dari tubuh dapat menyebabkan hipotermia jika tidak berpakaian dengan tepat atau tidak dapat mengontrol kondisi.

So, jika sahabat ingin berpetualang di cuaca dingin, persiapkan segala hal mulai dari makanan hingga pakaian yang akan kita kenakan.

Hipotermia adalah penyakit yang menghantui para aktivis atau para pendaki gunung bersalju. Sebenarnya apa hipotermia itu? dan apa penyebabnya?