5 Budaya Indonesia yang Telah Mendunia

Agustus 20, 2016
Indonesia merupakan satu dari sekian banyak negara berkembang di dunia yang memiliki kebudayaan yang unik, langka dan juga asli. Tentunya kita sebagai warga negaranya harus lebih bangga lagi dengan bangsa sendiri sebab banyak sekali budaya Indonesia yang mendunia. Para turis asing pun tidak ragu lagi untuk berkunjung ke Indonesia hanya untuk belajar ataupun melihat kebudayaan asli disini dimana masih banyak orang Indonesia yang belum menghargainya.

Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

Meski budaya Indonesia terlihat sederhana, namun buktinya ada banyak sekali kesenian asli Indonesia yang justru terkenal di negeri orang, sebagai berikut:

Wayang 

Wayang Kulit Indonesia

Wayang memang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan asli budaya bangsa di tahun 2003 silam. Bahkan wayang disebut sebagai karya Agung Budaya Dunia dan itu tidak hanya wayang kulit yang terkenal di jawa saja melainkan seluruh bentuk wayang di wilayah Indonesia. Cerita yang dimainkan dalam kisah perwayangan selalu berkisah tentang kepahlawanan, percintaan, kisah dewa dewi kahyangan dengan iringan musik asli Indonesia yaitu gamelan. Dalang yang memainkannya pun sangat pandai untuk meletakkan emosi ke dalam wayangnya dan sering membuat kagum para penikmatnya. Puncak kejayaan wayang sendiri ada di tahun 1950 hingga 1960an dimana wayang diakui sebagai seni pertunjukan paling indah di dunia.

Angklung

Angklung

Alat musik asli Indonesia yang diakui oleh dunia adalah angklung. Angklung merupakan alat musik yang memiliki nada ganda atau multitoral. Alat musik yang berasal dari jawa barat ini dimainkan dengan cara menggoyangkan pipa-pipa bambu hingga menghasilkan suara dalam berbagai susunan nada mulai dari dua, tiga hingga empat dalam setiap ukuran yang kecil. Tahun 2011, angklung diresmikan sebagai warisan budaya bangsa oleh UNESCO dengan menyerahkan sertifikat resmi di Jakarta.

Keris

Keris

Jika negara lain memiliki senjata api, maka Indonesia juga memiliki senjata khasnya sendiri yang berusia berabad-abad lamanya yaitu keris. Keris disebut sebagai Masterpiece oleh UNESCO pada tahun 2005 dan diyakini sebagai senjata yang memiliki kekuatan supranatural. Bahkan raja-raja kuno dahulu menjadikannya sebagai senjata pusaka. Dibuat sejak abad ke sembilan dari logam dan gagang terbuat dari tulang, tanduk maupun kayu. Para peneliti sendiri yakin jika keris yang benar-benar berkualitas mengandung logam titanium dimana logam itu baru dikenal pada abad 20 sebagai bahan untuk melapisi kendaraan dan Indonesia sangat hebat karena para Mpu jaman dahulu sudah menggunakannya sebagai bahan keris.

Batik

Batik Indonesia

Batik disebut sebagai warisan bangsa dengan proses pembuatannya yang ribet dan lama karena hanya menggunakan lilin panas dan canting. Kemudian para wanita melukisnya di atas kain. Kesenian ini telah berkembang sejak jaman Majapahit dan hingga kini masih bertahan serta semakin berkembang dan disukai masyarakat Indonesia.

Reog

Reog Ponorogo

Reog adalah kebudayaan asli Indonesia yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya Ponorogo sebagai kota asal reog. Hingga kini Ponorogo dikenal sebagai kota reog. Seni dalam bentuk tarian ini menampilkan topeng berbentuk kepala singa dan diatasnya tertancap bulu-bulu merak yang menyerupai kipas raksasa dengan ketinggian kurang lebih satu setengah meter.

Karena itulah, kita sebagai warga negara yang baik harus bangga dan tetap mempertahankan budaya Indonesia sebagai warisan yang dapat diperkenalkan pada anak cucu di masa depan.

Indonesia merupakan satu dari sekian banyak negara berkembang di dunia yang memiliki kebudayaan yang unik, langka dan juga asli.