Kepulauan Raja Ampat, Surga Wisata Bahari dari Indonesia Timur

Sahabat petualang pasti tidak asing lagi dengan Kepulauan Raja Ampat dari Indonesia Timur. Keindahan tempat ini tidak perlu diragukan lagi, bahkan sudah diakui dunia. Buktinya, banyak media asing menjuluki Raja Ampat sebagai the last paradise on Earth atau surga terakhir dunia.

Perairannya yang masih sangat terjaga kelestariannya membuat kawasan wisata ini sangat layak untuk dikunjungi. Sebanyak 75% spesies ikan pun hidup di perairan yang jernih ini, di antaranya adalah Eviota raja (King dwarfgoby) dan ikan pari manta (Manta birostris) yang menjadi salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia.

Baca Juga:
 Ini Yang Harus Kamu Tahu Tentang Raja Ampat Papua - This is Raja Ampat

Sementara itu, hanya 35 pulau yang memiliki penghuni dari sekian banyaknya pulau yang ada di Raja Ampat. Ada empat pulau besar yang menjadi sentral ekonomi serta budaya masyarakatnya, yaitu Pulau Batanta, Pulau Waigeo, Pulau Misool dan Pulau Salawati.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Kepulauan Raja Ampat

Pemandangan laut yang cantik dengan langit berwarna biru menjadi perpaduan yang sempurna untuk memanjakan mata. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menikmati keelokan perairan Raja Ampat Indonesia, antara lain :
  • Menjelajahi pulau-pulau dengan perahu
  • Diving untuk melihat keindahan serta sisa-sisa reruntuhan kapal di bawah laut
  • Melihat salah satu keindahan unggas khas Papua Barat, burung cenderawasih merah 
  • Memancing dengan cara tradisional Papua
  • Mempelajari cara membuat patung kayu, dipandu oleh para pengrajin dari suku Asmat. 
  • Menjelajahi gua kelelawar
  • Snorkeling

Tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi di Raja Ampat Indonesia

Ada yang mengatakan kalau mengunjungi Raja Ampat Indonesia sama saja seperti pergi ke luar negeri. Lokasinya yang sangat jauh dengan biaya yang mahal adalah beberapa alasannya. Namun, bukan berarti Sahabat Petualang tidak berkesempatan menginjakkan kaki ke sana. Setidaknya, ketahui dulu tempat-tempat wisata di Raja Ampat yang wajib untuk didatangi. Saat hari petualangan di ‘surga terakhir dunia’ itu tiba, Sahabat sudah memiliki gambaran hendak ke mana saja?

Kepulauan Wayag

Berlokasi di Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kepulauan Wayag adalah salah satu lokasi yang sayang untuk dilewatkan. Meskipun biaya yang dikeluarkan akan menguras kantong, tapi percayalah… keindahan pemandangannya akan membayar itu semua!

Saking jernih airnya, Anda bisa melihat secara jelas ikan-ikan berenang di dalam air, lengkap dengan terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. Mumpung berada di sana, sekalian saja kunjungi Pulau Karang yang pemandangan bawah lautnya tidak kalah menakjubkan.

Perairan Pulau Misool

Pulau Misool berbatasan dengan Laut Seram serta perairan lepas yang menjadi jalur lintas ikan-ikan besar, seperti paus. Pulau ini sejatinya tidak berpenghuni sehingga Anda bisa menikmati keelokan Pulau Misool tanpa harus berbagi dengan banyak orang. Air yang sangat jernih berwarna turqoise, hamparan pasir putih serta pohon dan mangrove yang hijau permai menjadi kombinasi sempurna.

Stasiun Pencucian Pari Manta

Tempat wisata di Raja Ampat dengan nama unik ini sebenarnya hanya sebuah istilah dari aktivitas ikan pari manta yang pesolek (memerlukan waktu berjam-jam untuk membersihkan diri). Uniknya, ikan pari tersebut tidak membersihkan dirinya sendiri, melainkan ikan-ikan kecil yang melakukannya.

Pencucian ini bertujuan untuk menghilangkan parasit di tubuh dan membersihkan luka-luka sehingga terhindar dari infeksi. Kegiatan ini adalah pemdangan langka sehingga sayang sekali untuk Anda lewatkan.

Pulau Salawati

Perairan di area Pulau Salawati menjadi bukti dahsyatnya perang dunia ke-II karena banyaknya serpihan pesawat dan kapal laut yang tenggelam di dalamnya. Bangkai-bangkai itulah yang saat ini ternyata menyuguhkan pemandangan baru nan elok. Hal ini dikarenakan banyaknya spesies ikan yang tinggal di dalamnya. Ditambah lagi dengan perairan yang jernih serta lingkungan yang masih asri sebagai daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Itulah keindahan perairan Raja Ampat serta beberapa tempat wisata yang bisa di kunjungi saat berlibur ke sana. Sahabat petualang sudah tidak sabar ingin berlibur? Yuk, sisihkan uang dan dapatkan pengalaman terbaik dengan menyelami setiap sudut perairan Kepulauan Raja Ampat, surga terakhir wisata bahari dari Indonesia Timur.