5 Pulau Terindah di Kepulauan Bangka Belitung

Welcome to Belitong (traveldudes.org)
Belitung sebenarnya bagian dari Provinsi Bangka Belitung - Indonesia. Banyak pulau indah di sekitar Belitung. Jika sahabat pernah menonton film Laskar Pelangi, di Pulau Belitung inilah cerita aslinya terjadi.

Baca Juga:
Sambalingkung, Makanan Khas Pulau Belitung

Nama Belitung sebenarnya diambil dari nama salah satu jenis siput, siput itu terkenal dengan sebutan Siput Belitung, nama ilmiahnya Terebralia sulcata.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas memiliki pasir pantai putih dan air laut yang jernih. Perairan bawah laut yang indah menjadikan pulau ini tempat terindah bagi yang hobi menyelam atau snorkeling. Di dalamnya terdapat wreck indomarine atau bangkai kapal laut yang sekarang sudah ditumbuhi terumbu karang. Oh ya, jangan lupa mengunjungi bangunan tua berupa mercusuar yang dibangun pada Pemerintahan Kolonial Belanda pada Tahun 1882. Hingga saat ini mercusuar tersebut masih berfungsi untuk memandu kapal-kapal yang berlayar.

Pulau Burung

Kenapa dinamai Pulau Burung? Ya, sekilas bongkahan batu granit terlihat seperti kepala burung. Pulau Burung adalah pulau kecil yang berisi bebatuan granit. Saat air laut surut, wisatawan dapat mengunjungi dengan berjalan kaki. Tapi harus tetap hati-hati karena terdapat batu-batu karang yang tajam.

Pulau Kepayang

Pulau Kepayang jaraknya tidak jauh dengan Pulau Lengkuas. Di pulau ini ternyata terdapat penginapan berupa cottage sederhana dan tempat penangkaran penyu. Untuk melihat tempat penangkaran penyu, kita diharuskan mengisi buku tamu yang dijaga oleh petugas di sana. Jika beruntung, kita dapat menyaksikan penyu-penyu itu dilepaskan ke laut lepas.

Pulau Pasir

Sebenarnya pulau pasir bukanlah pulau pada umumnya. Pulau ini hanya sebuah gundukan pasir putih dan terdapat bintang laut yang mudah ditemukan di sana. Sayangnya kita tidak bisa setiap saat mengunjungi pulau tersebut. Jika air laut pasang, pulau ini akan tertutup. Jadi kita hanya bisa ke pulau ini saat air laut sedang surut.

Pulau Batu Berlayar

Seperti kebanyakan pulau di Belitung, pulau ini tebentuk dari batu-batu granit. Uniknya di pulau ini terdapat bongkahan batu granit yang menyerupai layar pada kapal. Itulah sebabnya dinamakan Pulau Batu Berlayar.

Rata-rata pulau-pulau terindah di Belitung terdiri dari jejeran batu granit, berpasir putih dan memiliki air laut yang jernih. Memang kebersihan di Belitung masih terjaga dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Tetap cintai, jaga dan lestarikan lingkungan sekitar.