7 Makanan Khas Pulau Dewata Bali

September 30, 2017
Kurang lengkap rasanya mengunjungi Pulau Dewata Bali tanpa menikmati kuliner khasnya. Tidak hanya memiliki pantai-pantai dan tempat wisata yang indah, Bali juga menyuguhkan beragam makanan khas Bali yang wajib dicoba!

Masakan Bali memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pencinta kuliner. Racikan bumbu rempah-rempahnya yang pedas memiliki cita rasa yang kuat. Nah, penasaran apa saja makanan khas tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Makanan Khas Pulau Dewata

  1. Ayam Betutu.
    Ayam Betutu Bali
    Ayam betutu memang menjadi makanan khas Bali yang tidak boleh dilewatkan dari daftar wisata kuliner saat berlibur. Ayam betutu adalah ikon makanan khas Pulau Dewata. Apabila kamu suka makanan yang pedas, bersiaplah untuk hanyut ke dalam rasa hidangan betutu yang kaya akan rempah-rempah. Selain ayam, hidangan betutu ini biasanya juga menggunakan bebek yang rasanya tidak kalah enak!

  2. Tipat Blayag.
    Tipat Blayag Bali
    Tipat blayag memiliki bentuk seperti lontong, dibuat dengan cara dililit memanjang menggunakan daun enau atau janur muda. Potongan tipat blayag, ayam sisit, sayur urap, gorengan ceker ayam, kacang kedelai hingga kerupuk kulit, disuguhkan dengan campuran bumbu bali serta olahan tepung beras. Tekstur bumbunya kental, mirip dengan santan.

  3. Sate Lilit.
    Sate Lilit Khas Bali
    Makanan khas Bali selanjutnya yang wajib Anda cicipi adalah sate lilit. Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya karena dagingnya tidak ditusuk, melainkan dililit. ditusuk). Teksturnya yang empuk dengan rasa yang gurih pastinya akan membuat Anda ketagihan. Terlebih jika sate menggunakan batang daun serai, Anda dapat langsung mencium wanginya yang sedap. Umumnya, daging yang digunakan untuk membuat sate lilit adalah daging ayam, ikan tenggiri dan babi. Namun, sate lilit yang terbuat dari ikan tenggiri menjadi primadonanya.

  4. Rujak Kuah Pindang atau Rujak Bulung.
    Rujak Bulung
    Rasakan sensasi segar sekaligus pedas saat menyantap rujak kuah pindang. Tidak hanya buah mangga, kamu juga bisa lo mengganti isiannya dengan rumput laut yang biasa dikenal dengan nama bulung.

  5. Nasi Jinggo.
    Nasi Jinggo
    Mau menikmati makanan yang murah meriah dan enak di Bali? Kalau iya, kamu perlu mencoba nasi jinggo. Kuliner ini disuguhkan dengan daun pisang sebagai pembungkusnya, dengan sambal yang super pedas. Nasi Jinggo memiliki porsi sebesar kepalan tangan orang dewasa dengan lauk pauk yang umumnya terdiri dari mi goreng, daging ayam suwir, serta tempe goreng. Harganya pun relatif murah. sekitar Rp3000–Rp5000. Sangat  pas untuk para petualang wisata yang liburan dengan bujet tipis.

  6. Lawar Kuwir.
    Lawar Kuwir
    Lawar kuwir adalah salah satu makanan khas Bali  yang mampu menggoyang lidah. Isinya terdiri dari campuran daging cincang. lengkap dengan sayuran yang bervariasi dan diramu dengan bumbu khas Bali. Umumnya, lawar kuwir menggunakan daging babi atau bebek. Cara membuatnya pun cukup sederhana, yaitu dengan mencincang daging babi atau bebek, lalu ditambahkan sayuran seperti kancang panjang. Selanjutnya, daging diolah dengan parutan kelapa dan tak lupa bumbu rempah khas Bali untuk membuat hidangannya bercita rasa tinggi.

  7. Nasi Campur Ayam Bali.
    Nasi Campur Khas Bali
    Apabila Anda tidak punya banyak waktu untuk menikmati semua makanan khas Bali di atas, cobalah nasi campur ayam bali untuk mendapatkan semua hidangan tersebut dalam satu piring. Sate lilit, sayur urap, suwiran ayam sisit dengan bumbu basa genep Bali serta lawar ayam bisa Anda santap lengkap dengan nasi putih. Jangan lupa untuk menambahkan sambal embel dan sambal matah untuk mendapatkan sensasi rasa yang lebih enak lagi. 
Itu dia makanan khas Pulau Dewata Bali yang bisa dicoba saat berlibur ke Bali. Kira-kira, manakah yang menjadi favorit Sahabat Petualang?

Kurang lengkap rasanya mengunjungi Pulau Dewata Bali tanpa menikmati kuliner khasnya. Tidak hanya memiliki pantai-pantai dan tempat wisata yang indah, Bali juga menyuguhkan beragam makanan khas Bali yang wajib dicoba!