Umbul Ponggok, Wisata Snorkeling dari Sumber Mata Air Tawar

Umbul Ponggok adalah sebuah nama dari tempat wisata snorkeling yang cukup terkenal di Klaten, Jawa Tengah. Umbul berarti sumber air atau mata air, dan Ponggok adalah sebuah nama desa yang terletak di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul Ponggok merupakan unit usaha wisata desa dan dikelola oleh BUMDesa Tirta Mandiri Desa Ponggok.

Kolam alami dari sumber mata air tawar

Kolam Umbul Ponggok bukanlah kolam dengan dasar keramik seperti pada umumnya. Kolam ini terdiri dari pasir dan bebatuan dengan kedalaman rata-rata 2 meter. Sangat tidak disarankan untuk anak-anak. Namun, pengelola menyediakan kolam buatan dengan kedalaman sekitar setengah meter.

Wisata snorkeling, Bunaken Van Klaten

Selain sebagai tempat wisata snorkeling, Umbul Ponggok juga sering dijadikan tempat latihan diving bagi para penyelam pemula. Selain airnya yang jernih karena berasal dari sumber mata air tawar, Umbul Ponggok memiliki ribuan ikan warna-warni layaknya panorama bawah laut Bunaken yang ada di Teluk Manado, Sulawesi. Ikan ini sengaja dipelihara untuk menemani pengunjung di dalam air. Meskipun terdapat banyak ikan, Umbul Ponggok tidak berbau amis sebab airnya mengalir terus-menerus.

Harga tiket masuk Umbul Ponggok

Untuk harga tiketnya Rp. 15.000,- per orang. Ada juga harga tiket paket, yaitu Rp. 30.000,- per orang sudah termasuk masker snorkel dan pelampung. Kalau tidak membawa peralatan snorkeling sendiri, sebaiknya memilih paket tiket masuk. Selain lebih murah dibandingkan dengan menyewa alat snorkeling, visibilitas dan kemudahan bernafas untuk menikmati pemandangan bawah air akan lebih mudah.

Harga sewa alat dan properti foto

Sewa masker snorkel Rp. 13.000,- per unit
Sewa pelampung Rp. 7.000,- per unit
Sewa kaki katak (fins) Rp. 7.000,- per unit
Sewa loker Rp. 3.000,-

Bermain air di Umbul Ponggok tidak lengkap tanpa mengabadikan momen bersama ikan-ikan narsis. Untuk bisa berfoto menggunakan properti, pengelola menyediakan persewaan properti foto yang dimasukkan ke dalam kolam dengan harga sebagai berikut:
Sewa becak / motor / set love / ayunan Rp. 100.000,-
Sewa tenda Rp. 75.000,- atau Rp. 100.000,- dengan kursi
Sewa TV / laptop dan kursi Rp. 60.000,-
Untuk lebih lengkapnya bisa cek disini.
TITIK KOORDINAT

DMS: 7°36'49.4"LS 110°38'08.7"BT
Latitude: -7.613715
Longitude: 110.635736