Keindahan Alam di Perbatasan! Bukit Cumbri Wonogiri

Bukit cumbri memiliki ketinggian 638 mdpl dan memiliki 2 puncak yang berdekatan. Keindahan alam di perbatasan ini mulau terkenal di internet sejak pertengahan tahun 2015 lalu. Bukit Cumbri berasal dari nama burung yaitu Manuk Beri. Menurut warga sekitar, dulu bukit cumbri ini adalah tempat persinggahan burung raksasa sejenis rajawali yang dijuluki Manuk Beri untuk mencari mangsa hewan ternak milik penduduk seperti sapi yang digunakan untuk membajak sawah. Hingga suatu ketika penduduk kesal dan mengumpulkan tikus-tikus untuk mengusir burung tersebut. Tikus-tikus itu menggrogoti bulunya sampai rontok. Keesokan harinya burung raksasa ini jatuh dari tebing dan mati.

Bukit Cumbri Terletak di Perbatasan Wonogiri dan Ponorogo

Bukit Cumbri terletak di perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Tepatnya di Desa Kepyar, Purwantoro, Wonogiri dan Desa Pager Ukir, Sampung, Ponorogo. Dari Kota Wonogiri, tepat sebelum gapura perbatasan Kota Ponorogo belok kiri di pertigaan Jalan Wonogiri-Purwantoro ke arah utara kurang lebih 5 kilometer.
Jangan khawatir, disepanjang jalan tersebut terdapat papan penunjuk yang dipasang oleh warga sekitar untuk memudahkan kita menuju lokasi yang disebut alam impian puncak bukit cumbri. Saat ini, tempat wisata yang terletak di perbatasan provinsi ini belum dikelola oleh pemerintah setempat. Artinya masih bebas berkunjung tanpa dikenakan retribusi. Jika membawa kendaraan bermotor, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar parkir. Tempat parkir yang disediakan juga masih terbatas. Parkir untuk kendaraan roda empat ditempatkan di halaman rumah warga sekitar ataupun di pinggir jalan.

Jalan Menuju Puncak Cumbri

Dari tempat parkir kamu bisa memulai untuk mendaki bukit ini dengan waktu normalnya kurang dari satu jam. Medan yang terdiri dari bebatuan dan tanah gersang ini menjadi rintangan tersendiri untuk menikmati keindahan alam impian bukit cumbri. Ditambah sulitnya mendapatkan air di area ini.

Keindahan Alam Bukit Cumbri Wonogiri

Lokasi wisata ini cocok untuk menikmati sunrise dan sunset. Tentunya jika cuaca bersahabat. Jika malam hari, kita bisa melihat indahnya gemerlap 7 Kabupaten. Yaitu: Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Ngawi. Keindahan alamnya disini terbentang gugusan bukit yang sayang jika dilewatkan. Tetap berhati-hati dan utamakan keselamatan karena tebing di kedua puncaknya sangat tinggi. Walaupun tempat ini hanya perbukitan, selayaknya kita harus tetap menjaga sikap dan membantu melestarikannya. Jangan membuang sampah sembarangan dan mencoret-coret keindahan alam ini.
TITIK KOORDINAT
DMS: 7°50'26.7"LS 111°18'21.2"BT
Latitude: -7.840745
Longitude: 111.305883