Perbedaan Lintah dan Pacet

Lintah atau Pacet adalah hewan sejenis cacing yang banyak terdapat di hutan hujan tropis dan tempat yang lembab. Hutan, gunung, sungai, danau, jalur pendakian yang lembab, juga tak jarang kita temui di tempat perkemahan.

Pacet di jalur pendakian Bukit Raya (instagram @mayumilaayu)
Sok belajar biologi dikit. Lintah dan pacet adalah hewan yang tergabung dalam filum Annelida subkelas Hirudinea. Seperti halnya cacing tanah, lintah termasuk hewan berkelamin ganda, atau bahasa kerennya hermafrodit. Hewan ini juga dipakai dikalangan medis untuk mengatasi penyumbatan darah dan pengeluaran darah (plebotomi). Ya, karena hewan ini adalah hewan penghisap darah. Kedua hewan ini sama dalam hal sedot menyedot, namun pacet jarang digunakan dalam dunia pengobatan.

Baca Juga:
Cara Menghindari dan Melepaskan Gigitan Lintah/Pacet

Lintah (Hirudo medicinalis) habitatnya hidup di air untuk menjaga kelembaban dan suhu tubuhnya. Sedangkan pacet (Haemodipsa zeylanica) hidup melekat di dedaunan dan batang pohon yang lembab. Biasanya lintah memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pacet.

Semua spesies lintah adalah karnivora. Beberapa merupakan predator, mendapat makanan dari berbagai jenis invertebrata seperti cacing, siput, atau larva serangga.

Pacet memiliki alat penghisap berbentuk bulat di kedua ujung tubuhnya, di tengah-tengah alat penghisap bagian depan terdapat mulut dan juga memiliki gigi. Kebanyakan pacet hidup sebagai parasit dengan cara menghisap darah atau jaringan tubuh binatang lainnya untuk memperoleh makanannya. Ada juga yang hidup dengan makan sisa-sisa binatang dan tumbuhan.